Senin, 05 Oktober 2009

Tugas Merangkum (Antropologi)

Teori Kebudayaan
Definisi kebudayaan secara etimologis
Kebudayaan berasal dari bahasa sanksekerta “Buddayah” yaitu bentuk jamak dari Buddhi yang berarti budi atau akal. Jadi secara sederhana kebudayaan dapat diartikan sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan akal. Ada pemikiran lain yang berpendapat bahwa kata”budaya” merupakan perkembangan dari kata budi dan daya. Sehingga disimpulkan bahwa budaya adalah daya dari budi.
Dalam bahasa Inggris, kata kebudayaan yang disebut “culture” berasal dari kata latin “colere” yang berarti mengolah atau mengerjakan khususnya mengolah tanah atau bertani). Sehingga perkembang pengertian bahwa kebudayaan adalah segala upaya manusia untuk mengolah tanah dan merubah alam.
Definisi Kebudayaan secara Konseptual
1. Ilmu Antropologi
Kebudayaan adalah keseluruhan system gagasan, tindakan, dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik manusia dengan belajar.
(Koentjaraningrat, 1990:180)
2. E.B. Taylor (1871)
Kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan kepercayaan, kesenian, moral hukum, adat istiadat dan kemampuan lainnya serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Soekanto Soerjono, 1990:172)
3. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Kebudayaan adalah semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat. (Soekanto Soerjono, 1990:173)
4. Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan adalah akal budi manusia dalam kehidupan bermasyarakat. ( Dwiyono Agus, 2002:24)
5. Kebudayaan adalah hasil karya pemikiran manusia yang dilakukan secara sadar dalam hidup bermasyarakat. (Dwiyono Agus 2002:24)
Kebudayaan Secara Konseptual dan Definisi Operasional
Kebudayaan adalah hasil karya dan buah budi manusia yang mencakup kepercayaan, kesenian, moral hukum, adat istiadat yang dilakukan dengan sadar serta menjadi kebiasaan-kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat.
Instrumen Variabel Konsep
Konsep Teori Dimensi Indikator
Sistem Budaya Adat istiadat
Kesenian
Hukum
Ide
kepercayaan
Kebudayaan Unsur-unsur kebudayaan Bahasa
Mata pencaharian
Kesenian
Religi
Organisasi social
Sistem pengetahuan
Sistem teknologi dan produksi
Masyarakat Organiisasi
Wilayah
Kekuasaan
Peraturan
Norma
Sosialisasi
Interaksi social

Teori Sosiologi
Definisi Sosiologis Secara Etimologis
Secara harfiah, istilah sosiologis berasal dari dua kata yakni Socius dan Logos. Socius berasal dari bahasa latin yang berarti teman atau kawan. Logos berasal dari bahasa Yunani yang berarti ilmu. Dari pengertian tersebut, secara sederhana dapat dikatakan bahwa sosiologis adalah ilmu yang hubungan antara teman dan teman.
Definisi Sosiologi Secara Konseptual
1. Menurut Pitirin Sorokin
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari:
• Hubungan dan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial (misalnya antara gejala-gejala ekonomi dengan agama; keluarga dengan moral; hukum dengan ekonomi, gerak masyarakat dengan politik dan lain sebagainya.
• Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala sosial dengan gejala-gejala non sosial (misalnya gejala geografis, biologis, dan sebagainya)
• Ciri-ciri umum semua jenis gejala sosial ( Soekanto Soerjono, 1990:19)
2. Mayor Polak
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan, yakni hubungan di antara manusia, manusia dengan kelompok, kelompok dengan kelompok, baik kelompok formal maupun kelompok material atau baik kelompok statis maupun kelompok dinamis. ( Sitorus M, 2003: 4)
3. Roucek dan Warren
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan kelompok-kelompok. (Soekanto Soerjono, 1990:19)
4. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur sosial dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial. ( Sitorus M, 2003:4)
5. William F. Ogburn dan Meyer F. Nimkoff
Sosiologi adalah penelitian secara ilmiah terhadap interaksi sosial dan hasilnya yaitu organisasi sosial. (Soekanto Soerjono,1990:19-20)
6. J.A.A. Van Doorn dan C.J.Lammers
Sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang struktur-struktur dan proses-proses kemasyarakatan yang bersifat stabil. (Soekanto Soerjono,1990:20)
Sosiologi Secara Konseptual dan Definisi Operasional
Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan atau interaksi antar manusia bisa berupa individu dengan individu, individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok serta proses-proses sosial dan gejalanya.
Variabel Konsep Dimensi Indikator
Ilmu Masyarakat Individu
Kelompok
Masyarakat
Sosiologi Sosial Komunikasi
Sosialisasi
Hubungan dengan orang lain
Interaksi
Toleransi
Lingkungan Alam
Budaya
Sosial

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar