Senin, 05 Oktober 2009

Summary Seminar Mark Plus mengenai pria metroseksual (Marketing Communication)

Definisi Metroseksual adalah cowok/ pria yang tidak hanya mencintai dirinya, tapi juga gaya hidup kota besar yang dijalaninya. Metroseksual ini sendiri tidak selalu berarti bahwa pria tersebut adalah seorang gay, seorang banci, ataupun seorang yang memiliki kelainan secara kepribadian dan selera seksual, tetapi bisa saja ia adalah seorang yang normal secara seksual, hanya saja ia benar-benar memperhatikan penampilannya. Hal ini adalah suatu fenomena baru di dalam era kehidupan dunia saat ini, dan para marketer di dunia saat ini melihat bahwa metroseksual adalah suatu pangsa pasar yang memiliki potensi sangat besar.
Bagaimanakah kategori pria yang bisa dikatakan sebagai metroseksual?
• Ia adalah seorang yang heteroseksual, yaitu orang yang tertarik/ sangat dikagumi oleh wanita (orang dengan jenis kelamin sebaliknya dari pria). Kecenderungan heteroseksual ini dapat terlihat dari, pria tersebut lebih memiliki banyak teman wanita dibandingkan teman pria. Mengapa hal ini bisa terjadi? Yaitu seperti hal yang telah dijelaskan bahwa adanya suatu kekaguman atau kenyamanan dari para wanita ketika menjalin hubungan dengan pria ini.
• Ia adalah seorang yang sangat menyukai sesuatu yang teratur, rapi dan menarik; serta hal-hal yang berhubungan dengan perawatan pribadi. Misalnya, mereka memakai lotion, wax, mereka menjaga kebersihan diri dengan mencukur rambut-rambut yang ada di tubuh mereka.
• Mereka tau hal-hal yang sedang trend saat ini dan dapat menilai apakah seseorang itu mengenakan busana yang cocok dengan dirinya. Mereka pun tidak segan-segan untuk membelanjakan atau mengeluarkan uang mereka untuk suatu hal yang mereka benar-benar suka atau tertarik walaupun harganya mahal, misalnya pakaian, aksesoris, alat-alat perawatan pribadi dan sebagainya.
• Mereka tau tujuan dari melakukan pembelanjaan. Misalnya, untuk menjaga diri mereka tetap up to date dengan trend yang sedang berlaku, bisa juga agar kebersihan diri mereka tetap terjaga.
• Mereka sangat berisik (suka berbicara) dan cenderung feminim, inilah salah satu faktor mengapa mereka digilai oleh wanita.
• Mereka juga mampu meyakinkan orang lain dengan sangat baik. Tidak heran pekerjaan orang-orang seperti ini sangat cocok bekerja dalam hal-hal yang berhubungan dengan selling.
Para metroseksual saat ini telah menjadi target baru bagi para marketer, hal ini terjadi karena
• Metroseksual di era ini telah menjadi suatu sensasi tersendiri dan menjadi target orang-orang marketing. Mereka tidak segan-segan menghabiskan banyak uang untuk scrub, creambath, fashion, dan lain sebagainya.
• Mereka menjadi trend setter bagi para pria di dunia, karena mereka sangat up to date dengan hal-hal baru, mereka inovatif dan kreatif.
• Warta harian Kompas pun ikut meyakinkan para marketer dengan mengatakan bahwa dunia masa kini telah mengarah pada metroseksual.
• Sifat royal yang mereka miliki menjadikan diri mereka pangsa pasar yang sangat ideal bagi para marketer.
Karakter-karakter yang dimiliki oleh seorang konsumen metroseksual adalah:
• Mereka adalah smart customer, mereka dapat membedakan apakah barang tersebut asli atau palsu. Pengetahuan mereka akan suatu produk sangatlah luas. Misalnya mereka dapat membedakan mana barang yang original dengan barang KW1, KW2, dan lainnya.
• Mereka sangat mengerti akan suatu nilai yang dimiliki suatu produk. Misalnya, pakaian di Zara, mereka tau kenapa pakaian di tempat tersebut mahal, yaitu karena nilai prestige yang didapat ketika memakai produk tersebut.
• Mereka adalah konsumen yang sangat terorientasi pada kualitas dari suatu produk. Mereka cermat terhadap bahan dari pakaiannya, kualitas dari pelayanan yang diberikan, kenyamanan dari tempat dimana mereka membeli produk tersebut.
• Mereka bukanlah tipe konsumen yang menjadikan harga dari suatu produk sebagai masalah untuk membelinya. Mereka tidak peduli berapa harga yang dimiliki produk tersebut, asalkan mereka cocok dengan kualitas dan mutu dari suatu produk, mereka tidak akan segan-segan untuk membeli produk tersebut. Karena itulah dikatakan bahwa mereka adalah seorang yang royal.
• Mereka adalah impian para pelaku pasar, karena sifatnya yang royal. Karena itu para marketer haruslah berkonsentrasi untuk memikirkan bagaimana cara memenangkan hati mereka, sekali anda memenangkan hati mereka, mereka akan menjadi customer yang loyal bagi anda.

Contoh perusahaan yang sangat kreatif dalam menjangkau pasar metroseksual adalah AXE dan Celebrity Fitness. Mereka menjangkau pasar metroseksual tersebut melalui Integrated New Wave Marketing, dimana mereka bermain dengan konsep dan strategi yang sangat kreatif sehingga membuat brand mereka sangat di aware, tidak hanya oleh para metroseksual, tapi juga oleh para masyarakat. Berikut strategi dan taktik dari perusahaan AXE
AXE
Strategi:
• Mereka menggunakan iklan melalui media TVC untuk menyebarkan rasa penasaran dan keingintahuan masyarakat
• Menggunakan beberapa print media yang berbeda untuk menyebarkan fenomena “WAAXE Phenomenon”
• Melalui Website, website tersebut bernama WAAXE (Woman Afraid of AXE Effect), dengan tujuan yang sama yaitu menyebarkan rasa keingintahuan masyarakat. Website ini sengaja dibuat sesederhana mungkin, sehingga terlihat seperti situs amatir yang memang benar-benar ada, di situs ini para pengunjung juga dapat mengupload video amatir mereka, yaitu hal-hal yang berhubungan dengan efek yang dirasakan setelah menggunakan AXE
• Melalui internet, yaitu memajang artikel mengenai efek setelah menggunakan AXE di situs-situs ternama seperti yahoo, mengupload video di youtube, dan menggunakan ghost bloggers yang membicarakan mengenai WAAXE Phenomenon


Taktik (diluncurkan pada 1 Juni 2008):
• Mereka menggunakan 4 iklan video yang berbeda di TVC Indonesia, dimana iklan tersebut hanya dalam kurun waktu yang singkat langsung menyita perhatian 39 ribu penonton
• Menggunakan print media, seperti majalah dan Koran
• Menggunakan media outdoor, seperti billboard, iklan di bus, mobil pribadi, dan mading sekolah
• Tempat-tempat nongkrong seperti Food Court Mall
• Menggunakan graffiti, dengan membayar orang untuk mencoret-coret tembok, sehingga sangat irit biaya, yaitu hanya perlu membayar biaya cat dan orang yang menge-cat, tanpa harus membayar pajak
• Spanduk-spanduk amatir yang bertuliskan “Dicari cowok jomblo yang memakai AXE, hubungi Susi 0818 08765443. Hal ini sangat efektif karena mengundang rasa penasaran masyarakat dan keinginan untuk berinteraksi
• Website yaitu www.axeeffect.co.id, yang isinya adalah tips-tips bagaimana mendapatkan pacar, video, games, SMS-SMS dan email-email dari orang yang telah mengubungi nomor telepon yang tertera pada iklan-iklan AXE, aplikasi handphone.
• Menggunakan handphone yaitu dengan SMS dan telepon









AXE Mind Maping

Video 1 Video 2
Video 3 Video 4


Magazine Newspaper Telephone

SMS



Billboard yahoo
Bus google
Car facebook
School Magz

kos-kosan
Food Court Kampus
Cinema Toko




Jl. Sudirman Jl.Radio Dalam Jl.Pramuka

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar