Senin, 05 Oktober 2009

Tugas Majalah (Desktop Publishing)

Tugas Final
Desktop Publishing

Majalah Cellphone

Nama : William
NIM : 2007110177
Class : Marketing 11-2C


Tahun 2009
Content of Paper:
• Background
• Concept Analysis
• Strategy & Solution
• Technical Concept
• Budgeting
• Closing









• Background
Indonesia adalah suatu Negara yang kaya akan kebudayaan, peradaban serta sumber daya alam. Dedikasi tinggi dari para pahlawan membuat Negara kita yang tercinta ini merdeka setelah sempat dijajah selama hampir 4 abad. Berkat dukungan moral dan mental yang diberikan para pelopor kemerdekaan negeri ini, bangsa Indonesia yang tadinya sempat terpuruk akhirnya dapat bangkit dan dijuluki Macan Asia, yaitu Negara yang memiliki ekonomi kuat di Asia Tenggara.
Tidak hanya puas menjadi Negara yang tergolong Negara maju, bangsa ini terus melakukan pembenahan – pembenahan dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan rakyatnya. Hal ini terlihat dari banyaknya inovasi-inovasi dalam berbagai bidang yang diciptakan oleh tangan anak-anak di negeri tercinta ini. Salah satu hal yang menjadi pemicu inovasi ini adalah jiwa mandiri yang telah ditanamkan sejak dini di sekolah-sekolah, yang sumber asalnya tidak lain tidak bukan adalah Pancasila.
Melihat kemajuan dan kemandirian yang telah dicapai negeri ini, PT Bumi Alam Pertiwi, sebagai salah satu perusahaan media terbesar di Negara ini, juga memiliki visi yaitu memajukan negeri ini. Hal ini terlihat dari diterbitkannya majalah Cellphone, yaitu majalah ponsel. Apa alasan yang mendasari terbitnya majalah ponsel tersebut? Padahal seperti yang kita tahu majalah ponsel telah banyak beredar di negeri ini. Apa yang membedakan majalah ini dengan majalah ponsel yang lain?
Latar belakang yang mendasari terbitnya majalah ponsel Cellphone adalah keinginan PT Bumi Alam Pertiwi untuk memajukan negeri ini, yaitu memajukan dari segi pengetahuan akan teknologi handphone yang terus berkembang sehingga bangsa ini tidak ketinggalan dari bangsa lain, sama seperti visi kami yaitu “Menjadi Trend Setter ponsel di Indonesia” dan misi kami yaitu “Mengedukasi penduduk Indonesia akan manfaat teknologi ponsel.” Yang membedakan majalah ini dari majalah yang lain adalah kami tidak hanya memberikan info ponsel-ponsel terbaru, tapi juga kami memberikan saran kepada yang ingin membeli ponsel tersebut dengan memberikan perbandingan dengan ponsel baru lainnya, selain itu kupasan secara mendalam mengenai kemampuan dan fitur-fitur yang dimiliki suatu ponsel juga menjadi pembeda kami dengan majalah lain.
• Concept Analysis
Target Market
Target market dari majalah Cellphone adalah:
 Pria/ Wanita
 Berusia antara 16-30
 Minimal pendidikan adalah SMA
 Cerdas
 Enerjik
 Suka bersosialisasi
 Peduli dengan penampilan mereka
 Suka dengan teknologi
 Senang berpergian
 Tinggal di kawasan Jakarta, Bandung, Depok, Surabaya, Tangerang, Bogor, Bekasi
 Semua agama
 Tingkat ekonomi B - C+

5W1H Analysis
Nama majalah : Cellphone
Penerbit : PT Bumi Alam Pertiwi
Pendiri : William Lee
Alamat : Jalan Warung Buncit Raya No.10 A-B Jakarta
Telepon : (021) 7816684 / 7816682
Fax : (021) 7816682 / 7816688
Email : redaksi@cellphone.co.id
Website : www.cellphone.co.id
Waktu Publikasi : per 1 bulan
Harga : Rp 19.900,-
Distribusi : Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung,
Surabaya, Medan, dan Riau
o What
Majalah Cellphone adalah majalah ponsel yang bertujuan menginformasikan masyarakat mengenai informasi handphone-handphone terbaru yang sedang trend, dan kegunaan dari teknologi terkini yang ada dalam handphone, serta rubrik-rubrik lain seputar handphone.
Rubrik-rubrik yang terdapat di majalah ini adalah, Mailbox (berisikan suara pelanggan, saran, juga kritik), Coming up (berisi informasi mengenai ponsel-ponsel yang segera beredar di Indonesia), Test (adalah rubrik yang berisi informasi mengenai perbandingan handphone-handphone terbaru), Bisnis (membahas tentang perusahaan-perusahaan yang berhubungan dengan ponsel yang sedang naik daun), Trend (membahas tentang produsen dari ponsel dan ponselnya yang sedang digemari masyarakat saat ini), Laput (adalah rubrik utama dalam majalah ini, isinya dapat berupa prediksi, strategi, dan banyak lagi), Tekno (membahas tentang teknologi terbaru yang dimiliki handphone atau berhubungan dengan handphone), Software (membahas software terkini dalam handphone), Game (membahas game terbaru untuk handphone), Tech Chronicle (membahas mengenai prediksi teknologi handphone ke depannya), Pernik (berisi informasi mengenai aksesoris-aksesoris terbaru untuk handphone), M.Life (berisi hasil wawancara dan profil dari orang sukses yang memimpin perusahaan komunikasi), Buyer’s Guide (memberikan info mengenai handphone apa yang laris terjual, kelebihannya, kekurangannya, serta berisi daftar harga handphone baru dan bekas), Solusi (memberikan informasi mengenai bagaimana menangani masalah-masalah tertentu dalam handphone), Info (berisi peristiwa-peristiwa unik seputar teknologi handphone), dan Tips (yang memberikan saran-saran).

o Who
Tim Redaksi majalah Cellphone adalah
 Pemimpin Redaksi Iman Aulia HS
 PJS Redaktur Pelaksana A. Lukman Aribowo
 Redaktur Setia Gunawan, Haryo Adjie N. S.
 Redaksi Gunarto, Dina Puspita S.
 Sekretaris Redaksi Nur Aini
 Art & Grafis Editor Tono Mujiyanto Prayitno
 Grafis & Produksi Supardi
 Fotografer Hendra Wiradi
 Dokumentasi Subardi

o When
Majalah Cellphone dirilis pertama kali pada bulan Desember tahun 2008.

o Where
Kantor majalah Cellphone beralamat di Jalan Warung Buncit Raya No.10 A-B Jakarta 12250. Majalah ini didistribusikan di Jakarta, Bekasi, Depok, Tangerang, Bogor, Bandung, Surabaya, selain itu di luar Pulau Jawa Medan dan Riau. Majalah ini bisa dibeli di toko-toko majalah di kota yang tercantum, di Gramedia, maupun dengan cara berlangganan, yaitu cukup dengan mengisi dan mengirim formulir yang ada di dalam majalah tersebut ke alamat redaksi kami.

o Why
Alasan mengapa kami tetap memproduksi majalah ponsel padahal sudah banyak majalah-majalah ponsel di luar sana adalah, karena keyakinan kami akan isi dari majalah ini yang sangat variatif, seperti yang dapat kita lihat, dimana pembahasannya tidak monoton (tidak hanya tentang handphone saja, tapi juga fiturnya, dan lain-lain) tetapi menyediakan banyak rubrik, membuat kami yakin bahwa majalah ini akan mampu menarik hati konsumennya.

o How
Bagaimana majalah ini dapat bersaing di antara majalah-majalah handphone lainnya? Variasi rubrik-rubrik yang disediakan majalah ini membuat banyak orang tertarik untuk mengkonsumsi, ditambah lagi dengan harganya yang sangat kompetitif yaitu hanya Rp 19.900,-. Selain itu tes fitur dan perbandingan yang dilakukan kami terhadap handphone-handphone baru, membuat majalah ini dapat menjadi buku panduan bagi mereka yang ingin membeli handphone baru.

SWOT Analysis
• Strength:
• Rubrik yang bervariasi
• Harga terjangkau
• Desain menarik
• Menggunakan font yang mudah untuk dibaca, seperti Arial, dan lainnya
• Menyediakan informasi yang mendetil
• Weakness:
• Nama majalahnya masih belum di aware
• Promosi majalahnya kurang
• Tenaga kerja yang rata-rata belum profesional
• Area jangkauan dari majalah ini masih kecil
• Jumlah produksi majalah masih minim
• Opportunities:
• Banyaknya perusahaan dan produk handphone yang bermunculan, sehingga merangsang dibelinya majalah-majalah ponsel untuk memenuhi keingin tahuan masyarakat akan handphone tersebut
• Threats:
• Sulitnya perusahaan-perusahaan baru untuk dapat bertahan karena akibat dari resesi global
• Banyaknya kompetitor di majalah ponsel


• Strategy & Solution
Berdasarkan analisis SWOT yang telah dibuat, kami menemukan bahwa kelemahan dari majalah ini terletak pada kurangnya pengetahuan masyarakat akan hadirnya majalah ini, promosi ,dan tenaga kerja yang dimiliki. Untuk itu kami telah membuat beberapa strategi dan solusi untuk memperbaikinya, diantaranya adalah sebagai berikut, untuk meng-aware masyarakat akan hadirnya majalah ini kami memutuskan untuk membuat flyer tentang majalah Cellphone yang akan dibagikan di area dimana kami mendistribusikan majalah kami, selain itu kami juga akan menyelipkan flyer tersebut di dalam majalah ini. Dengan menyelipkan flyer tersebut ke dalam majalah, maka secara tidak langsung orang-orang yang membeli majalah kami pun dapat membagikan flyer ini ke teman-temannya, sehingga mengurangi biaya kami untuk menambah orang yang bertugas membagikan flyer tersebut. Selain itu kami juga akan mempromosikan majalah ini melalui website kami dan majalah Go Girl dan Men’s Health, karena majalah tersebut memiliki target market yang mirip dengan majalah kami. Kami juga akan memberikan diskon sebanyak 20% selama masa promosi sampai edisi ke 10 majalah Cellphone. Lalu untuk tenaga kerja kami yang masih belum professional kami putuskan untuk memberikan pelatihan-pelatihan setelah mereka selesai bekerja.












• Technical Concept
• Brand Design
Logo dari majalah kami adalah

Seperti yang bisa dilihat, logo kami menggunakan warna putih yang bergradasi menjadi abu-abu, dengan maksud untuk menunjukkan bahwa majalah ini adalah majalah yang selalu mengikuti perkembangan trend terkini. Huruf C menggunakan font Chocktoff Oblique (OT1) dipadu dengan efek Stroke, sehingga desainnya semakin memperkental lambang sinyal yang biasa dapat dilihat pada handphone. Untuk tulisan ell dan Phone digunakan font Fraulein dengan sedikit efek Drop Shadow, Emboss, dan Stroke, yang melambangkan bahwa majalah ini adalah majalah yang modern dan trendi. Lalu dicantumkan juga slogan dari majalah kami diatas tulisan phone, yang semakin menguatkan bahwa majalah handphone ini adalah majalah dengan trend gaya hidup digital.













• Cover Design

Cover belakang majalah ini disediakan untuk halaman iklan. Untuk Cover depan majalah, didesain dengan logo majalah ini, seperti yang terlihat di halaman kanan sebelah atas. Di paling atas majalah ini dicantumkan topik yang akan dibahas dalam majalah ini, yaitu “mengungkap keaslian foto digital”. Lalu gambar latarnya sendiri menggunakan BlackBerry, yang menjadi salah satu pembahasan utama dalam majalah ini. Selain itu digunakan beberapa tulisan berwarna ungu yang bertujuan untuk menginfokan bahwa ini adalah topik utama. Dicantumkan juga beberapa topik lainnya yang tulisannya menggunakan warna hitam. Di sebelah kanan bagian kanan majalah dicantumkan barcode dan harga majalah baik di dalam Pulau Jawa dan di luar Pulau Jawa.





• Budgeting
*)Pengeluaran:
• Cetak Majalah
 Total majalah, 21.000 eksemplar (@ Rp 15.000) Rp. 315.000.000
 Diskon majalah, 20% dari harga jual (@ Rp. 3.980) Rp. 83.580.000
*)Total Rp. 398.580.000
• Biaya Distribusi
 Jakarta Rp. 500.000
 Depok Rp. 800.000
 Bekasi Rp. 800.000
 Tangerang Rp. 600.000
 Bogor Rp. 700.000
 Bandung Rp. 800.000
 Surabaya Rp. 1.000.000
 Medan Rp. 1.500.000
 Riau Rp. 1.500.000
*Total Rp. 8.200.000
• Biaya Promosi
 Biaya iklan di Go Girl and Mens Health Rp. 45.000.000
 Biaya cetak flier, 25.000 lembar (@Rp. 500) Rp. 12.500.000
*Total Rp. 57.500.000

**)Total Pengeluaran Rp. 464.280.000
*)Pemasukan:
• Total biaya beriklan Rp. 975.500.000
• Profit majalah, 21.000 eksemplar (@ Rp920) Rp. 19.320.000
**) Total Pemasukan Rp. 994.820.000

*)Gross Profit Rp. 530.540.000
• Closing
Kami sadari bahwa majalah ini masihlah jauh dari sempurna, kami harapkan ke depannya majalah ini akan bertumbuh seiring dengan bertambahnya edisi majalah. Sangat pula kami harapkan, majalah ini di tahun 2011 sudah mampu menjangkau seluruh kota-kota besar di Indonesia dan pada tahun 2015, visi dari perusahaan kami sudah dapat tercapai. Oleh karena itu demi tercapainya semua harapan kami, sangatlah kami harapkan kritikan dan saran yang membangun.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar