Senin, 05 Oktober 2009

Kepemimpinan (Professional Studies)

Nama : William
Kelas : MKT 11-2C
NIM : 2007110177
Professional Studies
Kepemimpinan (referensi: Buku Wajib Seorang Pemimpin 101, karya John C.Maxwell)
7 dari 10 kualitas yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin adalah:
1.KARAKTER
Hal pertama yang harus anda cari dalam diri seorang pemimpin adalah kuatnya karakter. Beberapa kualitas yang mencakup karakter yang baik adalah: kejujuran, integritas, disiplin diri, sikap mau diajar, sikap dapat diandalkan, ketekunan, sikap mawas diri, dan etika kerja yang kuat. Kata-kata seseorang berkarakter itu cocok dengan perbuatannya. Reputasinya mantap. Pembawaannya terus terang. Anda bisa tahu kemampuan seseorang memimpin sesamanya dari seberapa baik ia mengelola kehidupannya sendiri dan interaksinya dengan atasannya, koleganya, dan bawahannya.
2.PENGARUH
Kepemimpinan adalah pengaruh. Setiap pemimpin punya 2 karakteristik: (A) ia mempunyai tujuan; dan (B) ia mampu meyakinkan sesamanya untuk ikut serta dengannya. Pemimpin bisa mendapat pengaruhnya dari posisinya (kekuasaan jabatannya), izin (ia mengembangkan hubungan-hubungan yang memotivasi), produksi ( ia dan pengikutnya mendatangkan hasil secara konsisten), pengembangan personalia (mengembangkan orang-orang di sekelilingnya), atau sosok pribadinya (ia lampaui organisasinya dan mengembangkan orang-orang berskala dunia).
3.SIKAP POSITIF
Seseorang yang bersikap positif itu ibarat lebah. Seharusnya lebah ini tidak bisa terbang, sebab ukuran, bobot, dan bentuk tubuhnya dibandingkan dengan lebar sayapnya tidak memungkinkannya terbang. Tetapi karena ia tidak mengenal teori ilmiah, toh ia terbang juga dan membuat madu setiap harinya.
4.KETERAMPILAN BERGAUL YANG SANGAT BAIK
Pemimpin tanpa keterampilan bergaul akan segera kehilangan pengikut. Orang mungkin mengagumi seseorang yang hanya mempunyai bakat dan kemampuan, tetapi mereka tidak akan mengikut dia lama-lama. Keterampilan bergaul melibatkan kepedulian yang tulus kepada sesama, kemampuan memahami sesama, dan keputusan untuk mengadakan interaksi yang positif dengan sesama. Perilaku kita terhadap sesama menentukan perilaku mereka terhadap kita. Pemimpin sukses mengetahui hal ini.
5.KARUNIA-KARUNIA NYATA
Setiap manusia yang diciptakan Allah itu mempunyai karunia. Salah satu tugas seorang pemimpin adalah melakukan penilaian terhadap karunia-karunia tersebut ketika mempertimbangkan seseorang untuk direkrut atau diperlengkapi.
6.BUKTI SUKSES
Pemimpin selalu belajar dari pengalaman. Pemimpin yang belajar dari kebenaran ini mengembangkan bukti-bukti sukses dengan berjalannya waktu. Semua orang yang melakukan terobosan atau sesuatu yang baru, pasti membuat kesalahan. Orang-orang tanpa bukti sukses itu entah belum belajar dari kesalahan mereka atau belum mencoba.
7.KEYAKINAN
Orang tidak akan mengikut pemimpin yang tidak yakin pada dirinya sendiri. Keyakinan adalah karakteristik sikap yang positif. Para peraih prestasi dan pemimpin tetap yakin terlepas dari keadaan. Keyakinan bukan pamer tetapi memberdayakan. Pemimpin yang baik mampu menanamkan dalam orang-orangnya keyakinan kepadanya. Pemimpin yang besar mampu menanamkan dalam orang-orangnya keyakinan akan diri mereka sendiri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar