Senin, 05 Oktober 2009

Perbandingan antara Ford dan General Motors

Basic Management and Accounting

Desia Yunita (2007110)
Irene Saskia (2007110)
Ratna Dewi (2007110)
Sherly (2007110)
Stefani Rahardja (2007110)
William (2007110177)

Kelas: Marketing XI-2C



Tahun 2009
General Environment Force/ Factor
Ford
General Motors
Customers Gender: Pria 80% dan Wanita 20%
Usia: 26 - 40
Status Sosial: A-B
Gaya Hidup: Suka berkendara, high class
Pekerjaan: Manager, Supervisor
Tinggal di kota-kota besar Gender: Pria 90% dan Wanita 10%
Usia: 30 – 50
Status Sosial: A – B
Gaya Hidup : Suka menjelajah dan bertualang
Pekerjaan: Manager
Tinggal di kota-kota besar
Competitors Honda, Toyota Toyota, Ford, Chrysler
Suppliers Saat ini disuplai oleh perusahaan Ford sendiri Suplai untuk pembuatan mobil dilakukan oleh GM Manufacturer. Selain itu GM juga berkolaborasi dalam membuat mesin dengan GM Daewoo, Isuzu, BMW, Toyota, Ford, Renault, AvtoVAZ, Fiat, Shanghai Automotive
Stakeholders Supplier, Komisaris, Masyarakat, Pemerintah Supplier, Komisaris, Masyarakat, Pemerintah
Government German America
Pressure Groups Go Green dan grup-grup pencinta lingkungan Go Green dan grup-grup pencinta lingkungan
Global Ford telah memiliki banyak sekali cabang di dunia, seperti
• North America: Canada, Mexico, dan USA
• Eropa: UK, German, dll
• Asia Pasifik: Indonesia, Jepang, Singapur, dll
• Amerika Latin: Argentina, Brazil, dll
• Timur Tengah: Irak, Israel, dll
• Afrika: Ghana, Mesir, dll
• Caribia: Bahama, Bermuda, dll GM terdapat di Negara Kanada, Mexico, Amerika, Ecuador, Columbia, Brazil, Mesir, Afrika Selatan, Eropa, India, Thailand, China, Korea Selatan, Jepang, dan Australia
Technological Conditions Teknologi dalam Ford Company sangatlah inovatif dan kreatif, hal ini dapat kita lihat dari:
• Eksperimen yang dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk mesin dengan alternatif bahan bakar pengganti bensin seperti bahan bakar fosil yaitu CNG (compressed natural gas) dimana kendaraan tersebut memiliki 2 tangki bahan bakar, yaitu untuk CNG dan bensin. Saat ini mesin dengan bahan bakar tersebut telah digunakan oleh Ford Crown Victoria.
• Biofuel / FFV (flexible fuel vehicles). Saat ini kendaraan Ford yang telah menggunakan bahan bakar tersebut adalah Ford F-150, Ford Crown Victoria, Ford Focus FFV, Ford Taurus, Ford Ranger, Ford Explorer, Mercury Grand Marquis, Lincoln Town Car.
• Selain itu Ford juga memiliki kendaraan dengan bahan bakar hidrogen, dan juga hybrid dimana bahan bakar ini memiliki polusi udara dan suara yang sangat rendah. Pada tahun 2005, Ford mengeluarkan mobil yang sangat efisien dalam penggunaan bahan bakar yaitu Hybrid Electric Escape. Pada tahun 2008 Ford mengeluarkan seri terbarunya yaitu Ford Fusion dan Mercury Milan Hybrid. Pada tahun 2009 ini Ford berencana untuk mengeluarkan seri terbarunya yaitu Ford Edge dan Lincoln MKX. Ke depannya Ford memiliki visi yaitu untuk menjadi mobil dengan bahan bakar teirit, hal ini dapat kita lihat dari rencana dikeluarkannya Ford Fiesta pada tahun 2012, yaitu mobil dengan bahan bakar “EcoBoost” V-6 dan mesin 4 silinder.
Teknologi GM sangat mengikuti perkembangan zaman dan selalu memberikan inovasi baru. Hal ini dapat dilihat dari:
• May 2004, GM memperkenalkan suatu teknologi terbaru yaitu mobil pick up dengan mesin hybrid, dan juga mobil penumpang bertenaga hybrid. Hybrid sendiri adalah mesin yang menggunakan 2 bahan bakar sekaligus, dalam konteks ini 2 bahan bakar tersebut adalah bensin dan listrik. Sehingga lebih ramah lingkungan dan lebih irit.
• Pada tahun 2005, Opel, yaitu merek mobil yang berada di bawah nama GM mengeluarkan mobil Opel Astra dengan mesin diesel hybrid.
• Pada tahun 2006, Saturn mengeluarkan seri terbarunya yaitu Saturn Vue Green Line yang mana mobil ini adalah mobil keluarga dengan mesin hybrid, serta design yang kalem.
• GM juga menawarkan 2 tipe mesin hybrid. Jenis mesin hybrid yang pertama dinamakan “Mild Hybrid” atau “BAS”system, yang mana mesin ii digunakan oleh Silverado Hybrid, Saturn Vue, dan Chevrolet Malibu. Jenis mesin hybrid yang kedua adalah “Two-Mode Hybrid” yang mena mesin ini merupakan hasil kolaborasi antara Daimler Chrysler dan BMW, jenis mesin ini digunakan oleh Chevrolet Tahoe/ GMC Yukon.
• Pada tahun 2009 ini GM akan memperkenalkan mobilnya yaitu Saturn Vue Green Line Hybrid, Saturn Aura Green Line Hybrid, GMC Yukon Hybrid, Chevrolet Malibu Hybrid, Chevrolet Tahoe Hybrid, dan Cadillac Escalade Hybrid.
• Dan untuk tahun 2010 atau 2011, GM berencana akan memperkenalkan Chevrolet Volt, yaitu mobil bermesin elektrik dengan back-up generators, menggunakan tenaga bensin, E85, atau bahan bakar minyak lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar